M-E-N-I-K-A-H (?)

Menikah??
*Ayeye! sengaja banget judulnya dibuat mini:)

Dari mengeja judulnya saja sudah memancing 'sesuatu' yang gak biasa,bukan? Sama! Inilah repotnya kita yang masih betah M-E-L-A-J-A-N-G!

Terlepas dari teori klasik tentang takdir dan jodoh ya:)Bukan kapasitas saya untuk panjang lebar berbicara tentang hal tersebut.

Pada dini hari yang cukup dingin ini, setelah sahur saya tergerak untuk menulis tentang ini. Ada yang mengatakan pengalaman atau true story ya silahkan saja:)

Menikah? pertanyaan yanng kadang membuat seseoraang dirundung masalah. Betapa tidak? pertanyaan tersebut biasanya ditujukan pada sosok yang sedang bergelut dengan satu rasa atau satu keinginan untuk menyegerakan tetapi sulit untuk dibuat menjadi nyata.

Contohnya saja saya sendiri. Anggaplah saat ini saya ingin menikah. Tetapi saya masih ingin melanjutkan kuliah terlebih dahulu, juga ingin berbuat banyak melalui kegiatan sosial yang saya gandrungi, ingin ini itu banyak sekali:).

Yap! saya tahu dengan pasti, alasan-alasan tersebut memang belum cukup bisa dijadikan alasan yang tepat untuk menunda menikah. Tetapi kalau alasannya karena belum punya PASANGAN??? OMG! saya juga gak bisa banyak omong. hehehe. Cari dong. Semua juga butuh usaha. Makanya, sering-sering hadir ke tempat-tempat yang banyak orang. Contoh, seminar, bedah buku, talkshow, diskusi in formal, atau kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan passionnya kamu deh. Kenapa begitu? karena jodoh kan gak selalu dateng gitu aja. Punya cara masing-masing tentunya.

Atau dengan alasan belum punya uang, belum mapan eh tapi tiap hari pacaran, nonton, makan, ngemall, smsn, telponan, BBMan,Wassapp-an,Fb-an de el el??? Pake uang gak tuh??

Atau apa lagi yaaa???? Gak dapet restu?? hehe. Ini mah masalah yang sebenernya bisa diantisipasi kalau dari awal kamu sudah melibatkan orangtua. Ya, setidaknya sebelum menentukan pilihan, selain konsul dengan Allah, Harus konsul juga dengan orangtua dong:)
Tapi, terlepas dari apapun alasan itu, benang merahnya adalah masalah Kesiapan. Kesiapan yang kompleks meliputi lahir dan batin, materiil maupun non materiil. Lengkap kalau kita bicara tentang kesiapan- persiapan.

Beberapa malam yang lalu, Bos saya melontarkan satu pertanyaan " Kapan kamu mau menikah?" saya hanya menjawab dengan senyum, ya! jawaban yang selalu saya kasih kalau ada yang bertanya pertanyaan yang sama. Kadang saya heran, apa perempuan berusia 22 tahun sudah dianggap tua kalau belum menikah? kalau dibandingkan dengan pasien-pasien saya yang sudah melahirkan diusia 15 tahun ya tentu aja saya kalah:( tapi bukan itu sebenarnya masalahnya.

Buat saya pribadi, nikah itu gak segampang buat pisang goreng. Yang cuma modal tepung, pisang, minyak, wajan, api. But More Than!Oke, masalah calon sudah terselesaikan. Tapi kalau pasangan kita belum mengarah kesana?? Aha, terlepas dari rasa yang disebut 'cinta' saya sih menyarankan untuk Go ahead aja deh! Coba dipikir, menjalin hubungan serius tapi gak punya ujung ke pernikahan, so For WHAAAT??
Lain lagi masalahnya. Banyak banget loh buat nikah aja susah banget. Kenapa??? Karena memang Gak mudah!

Intinya mah, Yuk kita minta aja deh sama yang Punya Hidup. Dari pada makin galau, mending kita banyakin istigfar, banyakin sujud dan banyakin silaturahmi plus sedekah. Ya, bisa jadi semua diperlancar. Dan satu lagi, selain libatkan Tuhan, jangan lupa libatkan orangtua juga:)) Niat yang baik insyaallah dipermudah:)
Menikah? Yuk Yak Yuk:D

Share this:

2 komentar :

Irda Handayani mengatakan...

Hhhmmm.... masalah yang sama ada pada saya :D
Kalau membicarakan ttg menikah memang benar2 tidak mudah, akan semakin sulit bila hanya dibicarakan tanpa ada realisasinya. Ya seperti saya ini, wkwkwkw...
Saya sarankan, sebaiknya kamu benar2 harus memberikan waktu untuk memikirkan pernikaha, jangan seperti saya yang dulu ketika berumur 22 tahun juga berpikiran yang sama seperti kamu, eh tanpa terasa udah lewat 5 tahun :( jadilah saya mulai semakin kocar kacir menjawab pertanyaan semuya orang "KAPAN MENIKAH???" hahaha... :D
**just sharing :)

Fe mengatakan...

Yap, semoga niat baik selalu dipermudah:) Segerakan yuk, kawan:)
Banyak manfaatnyaaaaa^_^