Hujan di akhir Juli



Tahun ini memang begitu berbeda, teramat kontras. Begitu banyak hadiah-hadiah kecil dari Allah untuk mewarnai hari hari dalam tahun 2014 ini. Tidak terkecuali pada bulan Juli. Menikmati bulan istimewa, Ramadhan yang dipenuhi oleh pahala dan anugerah berlimpah ruwah, kemudian menyambut satu syawal juga masih berada di tempat ini. Kebahagiaan itu diciptakan, bukan diberi. Dan aku mulai belajar melakukannya..

Masih tentang hujan di akhir Juli,
Sedangkal pemahaman aku, seharusnya Juli sudah memasuki bulan dengan terik matahari yang biasanya membuat khalayak mengeluh tiada henti. Tetapi kali ini menjadi berbeda. Cuaca seolah menjelma rasa seperti kamu atau kamu yang seperti cuaca? begitu cepat berubah tanpa ada tanda-tanda atau sekadar peringatan sebelumnya. Jika saat ini matahari tengah memaksimalkan sinarnya kemudian  per sekian  detik hujan turun sesukanya. Dengan begitu, aku semakin memahami bahwasanya di dunia ini memang tidak satu pun hal menjadi pasti. 

Perubahan,  sudah menjadi komoditi terlaris di mana pun oleh siapapun. Termasuk kamu. Mungkin sudah waktunya menanggalkan rasa percaya pada kepastian, sebab ia tak ayal seperti air tenang yang kemudian bergejolak tiba-tiba.

Dan hujan di akhir Juli,
Membuat aku percaya bahwa tidak ada yang pernah bisa menahan lajunya perubahan, pun tidak aku. Semakin meneguhkan keyakinan bahwa tidak satu pun dari kita mampu mendapatkan sesuatu jika ada keraguan barang sebesar debu. Hujan di bulan ini, pada hari ini membuat aku menyadari bahwa kita memerlukan "sesuatu" dari luar untuk membantu agar bisa mengembalikan akal sehat bahwa sebenarnya hidup itu bukan sekadar tentang persoalan hati, bukan!

Dan hujan di akhir Juli membuat aku memahami bahwa kamu memang bukan di sini seharusnya, tetapi bisa jadi di tempat lain yang memang menjadi tempat mu. Bisa jadi.

Selamat menikmati hujan di akhir Juli, bisa jadi Agustus akan memberikan kamu sesuatu yang berbeda. Bisa jadi kamu menyukainya, atau sebaliknya. Terima saja, seperti biasa kamu menerima apapun yang terjadi dalam hidup kamu.


Share this:

0 komentar :