Proses

Di dalam hidup, kita dihadapkan dengan banyak pilihan, banyak jalan, banyak cabang, banyak godaan, and so on..

Saya meyakini bahwa Allah pasti adil terhadap setiap makhluk yang Ia ciptakan. Allah pasti tidak akan memberikan beban (atau apapun kita menyebutnya) lebih pada seseorang yang tidak mampu memikulnya. Sehingga, apa yang terjadi dengan kita ( saya pun kamu di luar sana) adalah sesuatu yang Allah kehendaki dan sesuai dengan kemampuan kita. (Saya terus mencoba percaya dengan kalimat ini)

Tetapi terkadang, teori rasanya lebih manis daripada praktek. Berusaha menerima segala sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan pun hati menjadi sangat sulit, bahkan paling sulit. Saya pribadi, banyak belajar dari masalah yang terjadi. Dari masalah yang murni sebuah ujian dari Allah pun masalah yang lahir akibat dari kerusakan yang saya buat dengan tangan sendiri. 

Keduanya, apapun itu kita menyebutkan sudah pasti sangat menyita waktu, pikiran dan dihiasi dengan derai air mata. Meski banyak pelajaran yang didapat, meski akan mendewasakan diri, meski akan membuat diri naik kelas, tetap saja saat melaluinya tidak dapat dibandingkan rasanya.Nothing is fair to compare.

Allah menyampaikannya pula dalam Qur'an bahwasannya kesulitan itu selalui dibersamai dengan kemudahan, sehingga yang bisa kita lakukan adalah berserah dan kembali padaNya. Lagi dan lagi saya mengatakan bahwa teori memang selalu mudah, sangat mudah. Tetapi prakteknya? jatuh bangun!

Dan pada akhirnya saya harus mengakui bahwa mindset, sugesti, iman dan ketahanan diri itu segala sesuatu yang terangkai karena pembiasaan. Sebab hasil akan sangat dipengaruhi oleh proses. Saat ini saya berada didalam proses itu, proses yang tidak mengenakan, yang kalau boleh, saya ingin skip saja. Kadang saya berpikir mengapa harus ada masalah semacam ini atau semacam itu? mengapa saya bertindak seperti ini atau seperti itu? Tapi pada akhirnya saya digiring pada sebuah titik atau muara dengan penuh kesadaran bahwa selamanya hidup akan seperti ini, masalah selalu ada, ujian akan terus datang sesuai jadwal dan semua berulang meski mungkin akan berbeda tema. 

Cool! berteori memang sangat mudah, sangat! Bagaimana dengan prakteknya? Just try and try and try..

Share this:

0 komentar :