Project Indonesia Menyala

'Satu Tangan Satu Buku"
Indonesia Mengajar- Indonesia Menyala






Beberapa hari yang lalu mendapatkan email yang isianya sepotong informasi terkait Indonesia Mengajar. Dan tanpa banyak basa-basi bergabunglah saya kedalam group Indonesia Menyala yang ternyata pekan ini mengadakan pertemuan! " senang sekali^^ tetapi sedikit pesimis karena ternyata pada hari yang sama saya juga memiliki jadwal untuk ujian:) OMG, hari minggu teuteup ujian:p^^

Alhamdulilah akhirnya ujian bisa diselesaikan saat matahari tepat diatas kepala. Dan rute yang diberikan melalui peta cukup memusingkan:d
tetapi bukan Fe kalau gitu aja nyerah:)
alhasil, ternyata eh ternyata gak serumit yang dibayangkan! tau gitu saya mah jalan aja, setelah menggunakan jasa ojek yang bayarannya tak sebading dengan jarak tempuh! huff

Nah, sekarang saya waktunya berbagi tentang apa yang saya dapat hari ini selain pembuka diatas.
Ketika saya datang dan bergabung dengan yang sudah datang lebih dahulu, "hmm.. cukup nyaman " ujar saya dalam hati.
pertama, duduk manis disamping gadis manis yang bernama ange'. Sedikit berbincang tentang diri masing-masing.( perkenalan). ange' mahasiswi FKM UI angkatan 2009, dan berkenalan juga dengan mba tiara (yang keberatan dipanggil 'mba') sudah bekerja dan almuni BINUS.
 kedua, diminta untuk mengisi daftar hadir dan membuat nametag sendiri . Nametag bertuliskan dua huruf yang saling mengisi " FE " tampak serasi diletakan di skapula kiri:)

ketiga,mendengar perkenalan dari koordinator masing masing daerah binaan. Kemudian mendengarkan introduction dari Rizky dari Indonesia menyala. Ada kutipan darinya yang saya rangkum  bahwa  " Indonesia Menyala merupakan anak program dari Indonesia Mengajar yang dibentuk untuk menjadi perpanjangan tangan berbagi peran antar kita sesama  ". Indonesia Menyala juga sebagai 'pengerak' diluar Indonesia Mengajar ( Pengajar Muda).

keempat, kembali menyimak penjelasan dari  perwakilan Indonesia Mengajar. Pak Hikmat. Beliau dengan haru menyampaikan sedikit pengalaman yang tak terlupakan dari para pengajar muda yang kini sedang bertugas didaerah masing-masing. Tak ayal membuat saya semakin merasakan 'keseruan' mereka. Beliau juga mengatakan bahwa  " satu tahun mengajar seumur hidup terinspirasi  ".

kelima, beberapa koordinator daerah menceritakan tentang serba-serbi kegiatan mereka saat ini. Seperti yang disampaikan mba sari tentang proses dan mekanisme para angggota kelak.

keenam, tanya jawab yang cukup membuat saya ingin bertanya. Meski banyak yang ingin ditanyakan. Namun hanya satu yang bisa diungkapkan. Saya masih terlalu sungkan. hehe

Dan yang terakhir adalah kenang-kenangan dengan jasa kamera alias foto^^

Sebenarnya kita bisa berbagi apapun untuk sesama, namun dengan adanya Indonesia Mengajar, Indonesia Menyala kita bisa lebih terorganisir menyalurkan apa yang ingin kita bagi. Cukup dengan satu buku untuk satu tangan, karena kita meiliki dua tangan tak ada salahnya kita memberi dua buku, atau jika memiliki dan mampu memberi lebih, dengan senang hati diterima.

Rencana kedepan pengumpulan buku ini akan tetap berlangsung hingga anak-anak Indonesia yang berada didaerah terpencil mampu mengecap kemajuan peradaban. Padahal jika kita tengok, mereka dekat. Masih di Indonesia,kawan! mereka berada di lima daerah yaitu halmahera selatan, paser (kalimantan), bengkalis, tulang bawang barat, majene.

Tidak ada salahnya kita berbagi dengan mereka. Apapun itu yang kiranya bermanfaat untuk mereka. Dalam hal ini kita khususkan untuk buku dan serba-serbi perpustakaan. Uang? boleh juga:)

Sebarluaskan ini kepada siapaun yang kau kenal " satu tangan satu buku untuk Anak Indonesia   "
Bukankah kita sangat beruntung jika bermanfaat untuk oranglain? ahaa, kapan dimulai menggalang pengumpulan buku?? mulai dari sekarang. Ayo semangat berbagi !!! 
 *ohya, tidak harus buku baru. Yang penting layak pakai, buku pelajaran SD-SMP-SMA-Kitab( Alqur'an), novel, sastra,dll yang penting tidak mengandung unsur pornografi dan buku buku 'dewasa'.

yang ingin lebih jelas dan bergabung dengan group silahkan kirim permintaan difacebook INDONESIA MENYALA.

Selamat bergabung-saling memanjangkan tangan - untuk kebaikan..

Jakarta, 08 mei 2011
Nb: Maaf kalau ada nama yang salah atau infonya tidak memuaskan. silahkan bergabung langsung ke group:)

Share this:

0 komentar :