ACEH PINTAR "1Men1Book4Aceh4Indonesia"





  • Apa itu “1man1book4aceh”?
    1man1book4aceh adalah bagian dari gerakan literasi “Aceh Pintar” yang diprakarsai oleh Pengajar Muda Aceh Utara bersama Indonesia Menyala. Misi program ini adalah menitipkan pesan semangat pendidikan untuk anak-anak pelosok melalui penggalangan buku. Buku yang terkumpul kemudian akan didistribusikan ke sekolah dan daerah-daerah yang membutuhkan di wilayah Aceh.

    Apa yang membedakannya dengan gerakan penggalangan buku lainnya?
    Program ini menggunakan jejaring sosial sebagai salah satu sarana promosi. Mereka yang mengirimkan buku menuliskan alasan, semangat, atau pesan inspiratif dan kumpulan tulisan tersebut ditampilkan secara real time melalui jejaring sosial untuk menggerakkan masyarakat lainnya (snowball movement). Kegiatan pengiriman buku akan bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia melalui PO BOX 1144.

    Kenapa melalui kantor pos?
    Kami berharap gerakan ini bisa menjangkau semua kalangan dan mudah dilakukan -mengirim pesan dalam buku semudah mengirim surat. Selain itu dengan adanya persebaran kantor pos di daerah-daerah kami berharap gerakan ini akan menjangkau seluas-luasnya wilayah di Indonesia. Program ini juga sejalan dengan spirit PT. Pos Indonesia “Satukan Nusantara”.

    Kenapa memilih PO BOX 1144?
    Angka 1144 mewakili tajuk gerakan ini sendiri “1man1book4aceh”. PO BOX 1144 ini juga akan dijadikan hashtag dalam mempromosikannya di social media, sehingga #POBOX1144 menjadi identitas gerakan ini.

    Bagaimana buku-buku ini akan disalurkan?
    Buku yang terkumpul akan disalurkan ke sekolah dan daerah melalui perpustakaan keliling. Dalam hal ini kami bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Aceh Utara . Ke depan, donasi buku yang dikumpulkan juga dapat dikembangkan untuk membangun Taman Bacaan Masyarakat.

    Apakah perpus keliling hanya untuk meminjamkan buku?
    Perpustakaan keliling tidak sekedar berupa kendaraan yang membawa buku bacaan, datang ke sebuah tempat berkumpul masyarakat, berada di sana dalam durasi tertentu, kemudian pulang. perpustakaan keliling dalam program kami selain menjalankan fungsi perpustakaan juga sebagai media informasi yang dapat membuka cakrawala anak-anak di daerah, sekaligus media promosi berbagai kegiatan perlombaan agar bisa diketahui hingga ke pelosok-pelosok daerah. Pengelolaan kegiatan ini juga dijalankan atas kerjasama Pengajar Muda dan Indonesia Menyala dengan komunitas pendidikan yang ada di Aceh. Kegiatan yang diselenggarakan bersama perpustakaan keliling dirancang dapat memicu kreativitas anak-anak, juga media informasi (misal: lomba dan beasiswa) sehingga cita-cita "Aceh Pintar" bisa tercapai.

    Bagaimana caranya jika saya ingin menyumbang buku?
    Kirimkan donasi buku kamu melalui pos ke PO BOX 1144 Lhokseumawe 24300. Jangan lupa, selain mengirimkan buku, sertakan pula pesan di dalamnya. Pesan bisa berupa semangat, kata inspiratif, alasan, atau bahkan harapan kamu dalam menyumbangkan buku tersebut. Pesan ini yang kemudian akan ditampilkan melalui akun jejaring @AcehMenyala.

    Wah, saya tidak punya akun jejaring sosial atau saya tidak ingin mempublikasikan donasi saya?
    Tidak masalah. Yang kami fokuskan bukanlah publikasi personal donatur, melainkan penyebaran pesan semangat yang kamu sampaikan bersamaan dengan buku donasi kamu. Pesan semangat itulah yang kami harapkan akan menyebar dan menginspirasi orang lain untuk berbuat hal yang sama sehingga gerakan literasi di dunia maya bisa menjadi sebuah tren baru yang edukatif dan inspiratif

    Dimana saya bisa menuliskan pesannya?
    Kamu bisa menuliskan pesan kamu di buku yang kamu sumbang, di secarik sticky note, kertas, atau kartu pos yang kamu sertakan bersama buku yang kamu kirimkan.

    Buku-buku apa yang bisa saya sumbangkan?
    Kamu dapat memberikan buku anak – baru maupun lama yang masih layak pakai – kepada kami. Jenis bukunya diutamakan buku/materi yang mendidik: Komik anak (non-serial cantik dan non-dewasa). Komik edukasi. Novel anak. Buku cerita/dongeng anak (termasuk di dalamnya, cerita rakyat, buku cerita bergambar, dll.). Buku pelajaran SD (diutamakan kurikulum terbaru). Buku pengetahuan (ensiklopedi, buku asal-usul/penemuan sesuatu, RPUL, NatGeo dll.) Buku keagamaan untuk anak. Majalah anak. Atlas dan Peta. Mainan edukasi. Video dokumenter pengetahuan. Dan lain-lain.

    Apakah hanya boleh menyumbang satu buku bagi satu orang?
    Tidak. Kami berharap setidak-tidaknya satu orang bisa mengirimkan satu buah buku. Namun jumlah buku yang ingin kamu sumbangkan tidak kami batasi. Kamu bisa menyumbang sebanyak yang kamu inginkan dan sesering yang kamu mau.

    Bagaimana cara saya mendukung gerakan ini jika sudah mengirimkan buku?
    Follow twitter:@AcehMenyala atau join grup Facebook: Kawan Pengajar Muda Aceh Utara untuk mengetahui rilis terbaru mengenai pesan semangatmu dan respon anak-anak. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi email: penyala.aceh@gmail.com. Pastikan dirimu menjadi bagian dari "1man1book4aceh" dan simak terus kisah para pengajar muda di http://indonesiamengajar.org/cerita-pm/. Karena kamu adalah inspirasi dan penyala harapan untuk anak-anak Indonesia :D

    .. lets aspire your inspire before you expired ..

    * Info lebih lanjut cp: Fe 087878450574

Share this:

5 komentar :

Irda Handayani mengatakan...

Mb.... saya izin copas ya :)
Saya ingin membantu juga :D
Oh ya, deadline-nya kapan ya? Info ttg itu tidak disebutkan. Atau memang kegiatan ini tidak ada batasannya? **lebih bagus, hehehe**

artpoe mengatakan...

nice share

Fe mengatakan...

@ mba irda: iyaa mba, program ini continue jadi tidak ada deadline. kalau boleh tau mba irda domisili dimana?? info lebih lanjtu bisa hubungi saya ke no. terlampir.

@artpoe: :)

Irda Handayani mengatakan...

Saya berdomisili di Medan mb :)
Ada komunitasnya juga ya?

Fe mengatakan...

medan? wah dekat dengan aceh utara dong. ada, hubungi saya ke 087878450574 atau fb Fe Meandallah II atau bergabung dengan group kami di Kawan Pengajar Aceh Utara ya:)