Bubur Manado Rasa Jayapura

Jika berkunjung ke Papua dan mencari kuliner khas Papua, pasti semua orang akan mencari menu yang bernama Papeda. Iya, salah satu menu utama atau makanan utama masyarakat pribumi yang berasal dari olahan sagu,  yang sudah siap santap lengkap dengan menu pendamping seperti sayur kuah ikan, tumis kangkung dan bunga pepaya, serta sambal colo-colo (bahan-bahan sambal yang hanya dipotong-potong lalu dicampur menjadi satu) atau jenis sambal lainnya. Yummy!

Sayangnya, siang ini saya menu makan siang saya adalah bubur Manado. Jadi, yang akan saya tulis pun bubur Manado :)


Bubur Manado yang saya santap siang ini merupakan bubur Manado yang kedainya berada di Kota Jayapura, di distrik Jayapura Utara. Bersebelahan tepat di samping Bank Mandiri dan pertokoan. Mencari menu ini tidak semudah mencari cotto Makassar apalagi nasi Padang, sehingga harus 'sungguh-sungguh" mencari jika ingin menyantapnya. Dan di kedai ini salah satunya.

Bubur Manado bagi saya pribadi memiliki cita rasa yang khas. Selain rasa bubur nasi yang gurih dan tidak terlau banyak, campuran aneka sayuran seperti kangkung, bayam, labu dan jagung membuat makanan ini memiliki rasa yang ajaib. Belum lagi saat dilengkapi dengan potongan kecil ikan asin dan tahu goreng. Cita rasa bubur Manado seolah membuat semua rasa menyatu di dalam mulut kemudian melebur seketika. Enak!

Di kedai ini, bubur Manado dihargai tidak terlalu mahal, hanya Rp. 18.000 per porsi, porsi yang disediakan juga tidak terlalu banyak dan bisa disesuaikan. Boleh ditemani dengan es teh atau es jeruk, sesuai dengan selera. 

Nah, bubur Manado ini bisa jadi salah satu referensi buat kamu yang malas masak, sedang program diet dan bosen dengan menu yang biasa ada di sekitar kantor kamu. 

Selamat mencoba!

Share this:

2 komentar :

Katerina mengatakan...

Sudah lama ga makan bubur manado. Dulu di rumah nenek rajin bikin ini, dan aku sering makan. Enak

Fe mengatakan...

Hihi, iya enak. Dulu Ibuk kl bikin agak beda. Tapi sama-sama enak 😆