Selamat Ulang Tahun,Indonesia





Tidak pernah saya lihat, kemegahan merah putih berkibar di setiap rumah meskipun tidak dalam nuansa kemerdekaan.

Sampai pada tulisan ini saya terbitkan di 'ruang' pribadi ini, perlombaan dalam memperingati hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tengah berlansung. Semangat nasionalisme yang terbungkus di dalam acara- acara perlombaan sederhana tetap saja memperlihatkan betapa masyarakat ingin turut serta dalam memeriahkan ulang tahun negaranya.

Di Tengger, saya bisa menikmati semangat anak bangsa yang begitu bangga dengan lambang garuda dan merah putihnya. Sangat terasa saat malam pengukuhan dimana putera-puteri terpilih menjadi pasukan pengibar bendera di kecamatan Tosari, dengan gagah mencium bendera dan berjanji untuk melanjutkan perjuangan sesuai masa. Mereka menangis karena bangga, menghormati perjuangan Pahlawan Bangsa, semangat membakar rasa,Berkibarlah Merah Putih di Indonesia Raya...

Rangkaian acara disini menggiring saya pada sebuah mimpi untuk Ibu Pertiwi. Mimpi yang tidak pernah saya pudarkan cahayanya, mimpi saya untuk bersama mereka membuat anak-anak tidak lagi menghabiskan waktu hanya untuk menjadi kuli,pesuruh dan sejenisnya. Mimpi yang mungkin juga menjadi mimpi banyak orang diluar sana, yang ingin anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan yang sama, mimpi yang membuat anak Indonesia tidak lagi terbagi oleh kelas- kelas yang kita ciptakan sendiri. Mimpi yang menjadikan anak-anak kita sebagai Guru Teladan untuk diri mereka sendiri. Selama hayat masih dikandung badan, mimpi itu akan sama-sama kita perjuangankan..

ah ya, mimpi itu masih dirajut dengan usaha-usaha kecil yang mungkin tak nampak oleh mata.


Selamat ulang Tahun Indonesia,
Akan kami tunaikan janji kemerdekaan
Dengan cara yang beradab dan bermartabat
Teruntuk Indonesia,Bumi dengan keragaman warna



Tengger, 17 Agustus 2013

Share this:

0 komentar :