Tips ala-ala Edisi Mengatasi Kejenuhan

Akhir-akhir ini semakin merasa membutuhkan ruang lebih untuk diri sendiri. Sekedar untuk leyeh-leyeh, makan apapun yang sedang diidamkan, nyanyi randomly, atau melakukan banyak hal yang remeh temeh. 

Hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu wujud dari kejenuhan yang sedang melanda. Jenuh? seberapa sering? Lumayan sering, jawaban saya. 

Kenapa kita kerap bertemu dengan kejenuhan ketika lelah itu tiba? Nah, saya sedang mencoba untuk menguraikan. Setidaknya ini penting untuk menjaga mood saya. Lelah di sini tidak hanya sekadar lelah fisik saja, tetapi juga lelah pikiran. Untuk manusia tipe seperti saya, yang overthinks, kelelahan tidak hanya menyerang fisik, tetapi juga pikiran. Itulah kenapa saya rajin menulis dan amat menyukai diskusi. Sebab isi kepala saya tidak bisa terus menerus atau kelamaan ditandem di kepala. 

Lalu bagaimana cara saya untuk mengatasi kejenuhan ini? Biasanya saya melakukan hal-hal yang sedikit 'aneh' bagi orang lain seperti beberapa hal dibawah ini. 


1. Wisata kuliner 
Melupakan program diet yang memang gak pernah berjalan sesuai rencana. Ups! Biasanya saya akan iseng keluar rumah, nyari makanan sampe keliling-keliling kota, nyobain satu per satu yang saya temui dan yang bikin saya ngiler. Alhasil saya akan bahagia dan kekenyangan. Hahaha 

2. Ngukur Jalan alias jalan-jalan tanpa tujuan
Duh pingin ketawa kalau inget hal yang satu ini. Kenapa? Karena saya bisa aja nyetir seharian keliling kota tanpa arah yang jelas. Di jalan biasanya saya sekalian hunting foto atau bikin video, lumayan buat stock! Macam blogger/vlogger pada umumnya gitu deh. Tapi jangan salah, meski nampaknya cuma buang-buang bahan bakar, kebiasaan yang satu ini beneran bisa ngilangin kejenuhan saya loh!

3. Ngendep di kamar
Nah, yang satu ini agak parah nih. Biasanya kalau sudah begini, tandanya saya harus pulang ke rumah atau harus long vacation. Karena kalau udah begini, weekend saya hanya akan dipenuhi dengan makanan ringan penuh racun(Serem banget ya, gaes? Haha) goleran di depan laptop siang sampe malem ngabisin stock films atau malah nonton films streaming. Makan pagi-malem akan delivery dan gak mandi sampe dua hari! eh seharian aja sih, malem biasanya mandi. Haha Plis yang satu ini jangan dicontoh, gak sehat banget kan gaes.

4. Olahraga
Sumfah, ini bukan pencitraan. Saya memang suka banget goyang-goyang, maksud saya zumba atau aerobik gitu. Saya juga kesem-sem banget sama yoga. Dulu saya juga suka lari, tapi semenjak kenyataan gak happy kayak harapan, saya berhenti lari di lapangan dan pindah lari di kenyataan. Loh! Kadang, seharian saya bisa tiga kali sehari olahraga. Sangking pingin ngilangin jenuh lalu merasa happy!

5. Baca Buku atau Jurnal
Pernah ada yang nanya ke saya, kok lagi jenuh malah baca buku atau jurnal? Nah di sini sedep dan nikmatnya, gaes. Kalau lagi jenuh lalu baca buku atau jurnal itu bisa bikin semangat atau merinding-merinding gitu pas ketemu kata-kata bagus atau pengetahuan yang kece. jadi nambah gitu semangatnya. Sok banget ye? Haha

Jadi, kalau lagi jenuh, saya mah gak selalu harus travelling atau hiking atau treckking. Cari hal-hal yang lebih santai juga bisa. Termasuk telponan sama orang rumah atau videocall dengan ponakan. Memang sih setiap orang pasti punya cara yang berbeda. Dan ini salah lima cara saya dalam mengatasi kejenuhan tingkat ringan-sedang. Etdah, ada tingkatnya segala! 

Jenuhnya jangan dikumpulin ya,gaes! Yuk hidup sehat dan bahagia. 

Share this:

0 komentar :